5 Kesalahan yang Harus Anda Hindari dalam Mengajukan Klaim Allianz

Klaim Allianz meningkat semenjak pandemi Covid-19, apalagi memang nasabah asuransi ini cukup banyak di Indonesia. Bukan tanpa alasan, melainkan karena Allianz ini sendiri pada dasarnya termasuk di dalam perusahaan asuransi terbaik yang ada di dunia, produk yang merasa tawarkan sangat banyak ditambah lagi dengan kredibilitas serta reputasi perusahaan yang bagus. Anda sendiri yang masih bingung di dalam menentukan pilihan ingin membeli asuransi dimana, maka Allianz dapat menjadi pertimbangan terbaiknya.

Pada dasarnya asuransi ini sendiri merupakan sebuah produk keuangan yang fungsinya adalah sebagai proteksi. Dimana nantinya tertanggung akan membayarkan sejumlah uang premi kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan jaminan perlindungan. Manfaat tersebut baru akan dirasakan setelah Anda mengajukan klaim, tentunya tidak semua hal tercakup di dalam perlindungan, melainkan juga ada beberapa poin pengecualian disana.

Lalu mengapa terkadang klaim Allianz nasabah ditolak oleh perusahaan, sebenarnya ada banyak faktor yang juga bisa menyebabkan pengajuan klaim Anda ditolak. Berikut ini diantaranya ada beberapa kesalahan yang patut dihindari dalam mengajukan klaim, agar nantinya tidak sampai ditolak, yaitu:

  1. Tidak mengecek keaktifan polis, polis asuransi ini adalah dokumen yang nantinya dapat dipakai mengajukan klaim, hanya saja terkadang ada kondisi ketika polis Anda tidak aktif, ketika polis asuransi tersebut sedang tidak aktif maka otomatis perusahaan asuransi juga tidak akan menerima pengajuan klaim. Penyebab polis tersebut tidak aktif sebenarnya juga beragam, namun yang paling sering terjadi adalah ketika pembayaran premi jatuh tempo. Sehingga otomatis polis juga akan dinonaktifkan.
  2. Tidak membaca klausal yang ada di polis asuransi, asal langsung mengajukan klaim tanpa mengetahui ketentuan-ketentuan yang berlaku, sebut saja diantaranya adalah hal yang diklaim tersebut sebenarnya tidak termasuk di dalam poin perlindungan atau dikecualikan oleh perusahaan asuransi. Jadi meskipun Anda mengajukan klaimnya, tetap saja nantinya klaim tersebut akan ditolak oleh perusahaan asuransi.
  3. Menunda-nunda dalam mengajukan klaim, hal ini bisa menyebabkan pengajuan klaim Anda juga akan ditolak, mengingat untuk beberapa jenis asuransi sebut saja diantaranya adalah asuransi kendaraan, maka ada batas waktu tertentu, jika seandainya pengajuan Anda melebihi jangka waktunya, secara otomatis permintaan klaim juga akan ditolak.
  4. Tidak mengecek dokumen yang dilampirkan, tidak memastikan apakah dokumen yang dilampirkan tersebut sudah lengkap ataukah belum, ini juga termasuk kesalahan yang fatal. Karena jika ada satu saja dokumen yang kurang maka ini juga akan menyebabkan pengajuan klaim Anda ditolak, biasanya pihak asuransi akan memberikan kesempatan untuk melengkapi dokumen yang kurang, sehingga akan memakan waktu lama.
  5. Mengindahkan hukum, pemegang polis yang bermasalah dengan hukum seperti diantaranya kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang mabuk atau ngebut, secara otomatis ini melanggar hukum bukan. Maka ketika Anda memutuskan untuk mengajukan klaim maka permintaan tersebut akan tetap ditolak.

Jadi jangan sampai melakukan kesalahan di atas jika seandainya tidak ingin klaim Allianz Anda ditolak. Temukan berbagai penawaran istimewa produk asuransi dari Allianz ini cek di website resminya. Kualitas produk asuransi keluaran dari Allianz memang tidak perlu diragukan lagi, apalagi makin kesini ada semakin banyak nasabah baru yang membeli produknya, karena memang sudah tahu dan puas dengan pelayanan yang diberikan. Bahkan belakangan mereka juga mengeluarkan produk asuransi inovasi terbaru yang berbasis online, sehingga tak perlu kemana-mana sudah bisa membelinya.