Pilihan Transportasi Road Trip Jakarta Jogja Buat Persiapan Travelling Kamu

Yogyakarta telah dikenal sebagai tujuan wisata utama paling favorit, tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri namun juga luar negeri. Kedekatannya dengan Borobudur dan Prambanan menjadi salah satu alasan lonjakan wisatawan di daerah tersebut.

Selain itu, masih banyak destinasi unik dan eksotik yang bisa kamu temukan di Kota Pelajar ini. Sebut saja Keraton Jogja, Jalan Malioboro, Pantai Parangtritis, dan masih banyak lagi yang bisa kamu eksplor.

Jika kamu berkunjung dari Jakarta, maka kamu perlu tahu pilihan transportasi yang bisa menjadi akomodasi kamu karena saat ini tidak ada penerbangan langsung ke Yogyakarta dari Jakarta. Nah, berikut ini rute road trip Jakarta Jogja yang bisa jadi referensi kamu.

Dengan Pesawat

Ada dua bandara menuju Yogyakarta, yakni Bandara Internasional Adisucipto dan Bandara Internasional Yogyakarta. Bandara Adisucipto terletak di Maguwoharjo, Depok di Kabupaten Sleman, sekitar 10 km sebelah timur dari pusat kota Yogyakarta. Sedangkan Bandara Internasional Yogyakarta, terletak di Temon di Kabupaten Kulon Progo, sebelah barat Yogyakarta

Bandara baru ini mulai beroperasi pada Mei 2019 tetapi layanannya masih terbatas. Pengoperasian penuh ditargetkan bisa dimulai pada 2020. Apalagi, bandara tersebut dikabarkan memiliki kereta api yang menghubungkan langsung ke Borobudur.

Dari Jakarta, kemungkinan besar kamu akan transit di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ada beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan lanjutan dari Jakarta ke Yogyakarta melalui Bandara Adisucipto.

Kamu dapat mencapai pusat kota dari bandara dengan kereta api, bus, taksi, atau aplikasi transportasi online seperti Grab.

Dengan Kereta Api

Jika kamu tidak terburu-buru, maka alternatif transportasi yang recommended adalah bepergian dengan kereta api. Secara pribadi, kebanyakan orang cenderung lebih suka kereta daripada penerbangan. Pemandangannya lebih bagus dan jauh lebih murah.

Perjalanan kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta memakan waktu sekitar 8 jam sehingga Anda dapat melakukan kereta malam jika Anda mau. Kamu bisa pesan tiket di aplikasi pemesanan tiket online kesayangan kamu.

Dengan Bus

Pilihan transportasi ketiga adalah naik bus yang memakan waktu sedikit lebih lama daripada perjalanan dengan kereta api, sekitar 9 jam.